Ketika membeli sebuah handphone, biasanya kita langsung membeli kartu SIM-nya sekaligus sehingga handphone baru kita bisa langsung digunakan.

Dari tahun ke tahun, ukuran SIM card semakin mengecil. Bahkan, ada bentuk baru dari SIM card, yakni eSIM.

Apa itu eSIM? Apa bedanya dengan kartu SIM biasa? Benarkah kuota internetnya bisa lebih hemat? Simak ulasan selengkapnya!

Buat kamu yang belum tahun, sebenarnya SIM merupakan singkatan dari Subscriber Identity Module sebagai tanda pengenal telekomunikasi dan juga nomor pribadi kita.

Kartu SIM juga menyimpan berbagai jenis informasi, biasanya yang berkaitan dengan jaringan yang kamu gunakan seperti nomor identitas kartu dan kode area.

Ketika membeli kartu SIM di konter pulsa, kita akan mendapatkan sebuah kartu di mana ada bagian yang bisa kita lepas dan kita masukkan ke dalam handphone kita.

Di sisi lain, eSIM merupakan format terbaru dari kartu SIM yang tidak berbentuk kartu. eSIM berbentuk chip yang terintegrasi di dalam perangkat sehingga tidak bisa dilepas ataupun diganti.

Jadi, ketika kamu membeli nomor dalam bentuk eSIM, kamu tidak akan mendapatkan kartu fisik, namun sudah bisa terhubungan dengan jaringan beserta mendapatkan nomor telepon.

Sebagai teknologi baru, tentu saja eSIM memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kelebihannya, kamu tidak perlu takut kehilangannya.

Kamu juga tidak perlu khawatir eSIM-mu akan rusak. Karna ukuran eSIM sangat kecil, eSIM bisa digunakan untuk perangkat smartwatch lho, geng.

Selain itu, dengan tidak adanya kartu fisik artinya akan berdampak dengan berkurangnya limbah yang dihasilkan dari kartu SIM yang sudah tidak terpakai.

Keuntungan lain yang didapatkan dengan eSIM adalah kemudahan untuk berganti operator. Selain itu, kamu juga bisa menghindari biaya roaming internasional.

Walaupun sebenarnya kebijakan bebas biaya roaming internasional tergantung dari provider yang mengeluarkan produk eSIM tersebut.

Kalau kamu punya beberapa perangkat sekaligus seperti HP, tablet, dan smartwatch, kamu bisa menggunakan eSIM untuk semua perangkat tersebut.

Bagaimana dengan kekurangannya? Kamu tidak bisa memasukkan dan mengeluarkan kartu SIM ketika dibutuhkan.

Jadi, seandainya suatu saat baterai smartphonemu habis, kamu tidak bisa mengambil nomormu dan meminjam handphone temanmu.

sumber: https://jalantikus.com/tips/apa-itu-esim/