Menjadi salah satu produsen prosesor terbesar, Qualcomm tak henti-hentinya menggali inovasi untuk menciptakan prosesor canggih yang mampu mendukung kebutuhan penggunanya.

Setelah sebelumnya prosesor besutan Qualcomm untuk HP kelas menengah keatas, Snapdragon 855, sempat dikalahkan oleh A12 Bionic milik Apple, kini perusahaan yang bermarkas di California ini tengah menyiapkan prosesor terbarunya.

Prosesor tersebut adalah Snapdragon 865 yang kabarnya mungkin mampu mengalahkan A13 Bionic Apple yang bahkan belum resmi diluncurkan, geng.

Hal itu dibuktikan lewat hasil benchmark Snapdragon 865 yang berhasil meraih multi-core score sebesar 12915 di mana skor ini lebih unggul dari HP apapun besutan Apple, termasuk iPhone XS Max.

Keunggulan Prosesor Snapdragon 865

Jika memang benar Snapdragon 865 nantinya mampu mengalahkan prosesor A13 Apple, maka hal ini akan membuat Snapdragon 865 menjadi prosesor tercanggih saat diluncurkan pada 2020 mendatang, geng.

Tapi, sebenarnya apa saja, sih, keunggulan yang dimiliki oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 865? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini!

1. Gunakan Teknologi Samsung EUV (ultraviolet)

Untuk memproduksi prosesor canggih terbarunya ini, pihak Qualcomm rupanya menggandeng salah satu perusahaan teknologi ternama, Samsung.

Prosesor Snapdragon 865 kabarnya bakal menggunakan teknologi fabrikasi milik Samsung yaitu Extreme Ultraviolet (EUV) Lithography dengan fabrikasi 7 nanometer (nm).

Teknologi EUV merupakan sebuah cara untuk membuat desain silikon yang kompleks dengan proses fabrikasi yang semakiin kecil.

Mudahnya, prosesor yang memiliki angka fabrikasi semakin kecil, maka prosesor tersebut mampu bekerja lebih cepat namun tetap menghemat konsumsi daya pada HP, geng.

Teknologi EUV sendiri kabarnya menjanjikan peningkatan kinerja dari 20% hingga 30% dan peningkatan konsumsi daya antara 30% hingga 50%.

2. Mendukung Standar HDR10+

Bakal menjadi prosesor unggulan dari Qualcomm, Snapdragon 865 kabarnya akan mendukung standar HDR10+, geng.

Hal ini dilakukan karena pihak Qualcomm berharap nantinya bakal ada HP yang dibekali dengan kamera 64MP atau bahkan lebih tinggi.

Namun, untuk merealisasikan hal ini tentunya dibutuhkan prosesor dengan teknologi canggih, geng.

Inovasi ini tentunya bakal menjadi hal yang sangat menarik bagi para vendor smartphone yang menggunakan spesifikasi kamera sebagai nilai jual utamanya.

Buat kamu yang belum tahu, HDR10+ sendiri merupakan teknologi yang mampu menghasilkan gambar dengan warna yang lebih detail, cerah, dan realistis, geng.

3. Gunakan Arsitektur CPU Generasi Terbaru

Untuk lebih memberikan peningkatan kinerja pada HP, prosesor Snapdragon 865 juga kabarnya dibekali dengan arsitektur CPU generasi terbaru ARM yaitu Cortex-A77.

Arsitektur Cortex-A77 sendiri baru saja diluncurkan oleh ARM sekitar bulan Mei lalu.

Dalam peluncurannya, ARM mengungkapkan bahwa arsitektur Cortex-A77 disertai dengan GPU Mali G77 yang mampu menghadirkan efisiensi energi yang lebih baik dan kemampuan khusus untuk machine learning.

Selain itu, arsitektur CPU ini juga diklaim akan membawa peningkatan performa pada HP hingga 20 persen jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, Cortex-A76.

4. Dukung Teknologi 5G

Teknologi jaringan internet 5G memang sedang hangat dibicarakan belakangan ini, bahkan teknologi terbaru ini juga mulai diterapkan di beberapa negara Eropa.

Meskipun keberadaan jaringan 5G masih sangat terbatas, tapi dengan pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, para vendor smartphone pun mulai merancang produk mereka agar bisa kompatibel.

Untuk mendukung penggunaan jaringan 5G pada HP, Snapdragon 865 hadir dengan dukungan modem 5G yang terintegrasi.

Samsung Jadi yang Pertama Menggunakan Snapdragon 865

Meskipun kabarnya prosesor Snpadragon 865 ini baru dirilis pada tahun 2020 nanti, tapi sejumlah vendor smartphone sudah siap menanti kehadirannya.

Salah satunya adalah Samsung yang kabarnya akan membenamkan prosesor terbaru Qualcomm itu pada produk HP terbarunya nanti.

Kemungkinan besar, Samsung akan membekalkan prosesor Snapdragon 865 di HP Samsung Galaxy S11 yang mungkin nanti akan diluncurkan, geng.

Sumber: https://jalantikus.com/news/26650/keunggulan-snapdragon-865/