Apa itu Synapse, SYN coin adalah

Apa itu Synapse, SYN coin adalah

Posted on

Apa itu Synapse, SYN coin ?

Synapse adalah protokol lapisan lintas rantai yang mendukung interoperabilitas tanpa gesekan antar blockchain.

Dengan menyediakan transaksi terdesentralisasi dan tanpa izin antara ekosistem L1, sidechain, atau L2 mana pun, Synapse memperkuat aktivitas blockchain integral seperti transfer aset, swap, dan pesan umum dengan fungsionalitas lintas-rantai – dan dengan demikian memungkinkan primitif baru berdasarkan lintas-nya. arsitektur rantai.

Bagaimana cara kerja Jaringan Sinaps?
Jaringan Synapse diamankan oleh validator multi-partai komputasi (MPC) lintas rantai yang beroperasi dengan skema tanda tangan ambang batas (TSS). Jaringan ini tanpa pemimpin, dan menjaga keamanan oleh setiap validator yang menjalankan proses yang sama setelah menerima peristiwa on-chain pada berbagai rantai yang dilacak oleh grup validator MPC. Setelah dua pertiga dari semua validator secara kolektif menandatangani transaksi yang sama menggunakan kunci individu mereka sendiri, jaringan mencapai konsensus dan mengeluarkan transaksi ke rantai tujuan.

Sinapsis AMM
Jaringan Synapse bertanggung jawab untuk menanggapi peristiwa on-chain untuk mengirimkan transaksi ke rantai tujuan tertentu, mengarahkan likuiditas dalam jaringan ke lokasi yang diinginkan. Synapse AMM adalah bagaimana aset yang menyusun likuiditas itu diubah menjadi token asli dari rantai tujuan yang dipilih.
Untuk melakukan ini, AMM mengimplementasikan algoritme stableswap untuk menentukan harga dan menyeimbangkan kembali aset dalam kumpulan likuiditas lintas rantainya untuk memungkinkan pergerakan aset tanpa gesekan antar ekosistem dengan selip rendah. Di masa depan, implementasi lain dapat dieksplorasi untuk meningkatkan efisiensi swapping dan bridging.

SYN (Token Sinaps)

SYN adalah aset yang menggerakkan Ekosistem Sinaps. Ini digunakan untuk suara tata kelola komunitas melalui SynapseDAO, sebagai insentif bagi penyedia likuiditas yang memungkinkan fungsionalitas lintas rantai protokol, dan sebagai subsidi untuk membayar gas yang dikeluarkan oleh validator jaringan untuk mengamankan transaksi di seluruh jaringan.
Setelah Rantai Sinaps mencapai Fase Archean, SYN akan memberikan keamanan ekonomi untuk rantai dengan mengharuskan validator untuk mempertaruhkannya agar dapat beroperasi di jaringan. Sebagai token asli dari Synapse Chain, SYN juga dapat digunakan untuk membayar transaksi dalam jaringan serta untuk menjembatani ke rantai lainnya.

Bagaimana cara kerja Jaringan Sinaps?
Jaringan Synapse diamankan oleh validator multi-partai komputasi (MPC) lintas rantai yang beroperasi dengan skema tanda tangan ambang batas (TSS). Jaringan ini tanpa pemimpin, dan menjaga keamanan oleh setiap validator yang menjalankan proses yang sama setelah menerima peristiwa on-chain pada berbagai rantai yang dilacak oleh grup validator MPC. Setelah dua pertiga dari semua validator secara kolektif menandatangani transaksi yang sama menggunakan kunci individu mereka sendiri, jaringan mencapai konsensus dan mengeluarkan transaksi ke rantai tujuan.

Apa itu “komputasi multi-partai aman” (MPC)?
Jaringan MPC adalah jaringan di mana validator individu yang mencoba untuk bersama-sama memecahkan suatu fungsi dapat bekerja sama untuk mencapai solusi tanpa mengorbankan privasi validator apa pun. Tidak ada validator yang mampu mengidentifikasi data input yang digunakan validator lain untuk mencoba memecahkan fungsi bersama, tetapi semua dapat berkolaborasi dalam memecahkan fungsi dan berbagi informasi yang diperoleh dari solusi. Contoh metode yang mencapai ini adalah berbagi rahasia Shamir.

Apa itu “skema tanda tangan ambang” (TSS)?
Tanda tangan digital bergantung pada pasangan kunci publik dan pribadi, dengan kunci pribadi diperlukan untuk mengotentikasi transaksi dengan tanda tangan, dan kunci publik digunakan untuk memverifikasi keberadaan tanda tangan. Dalam skema tanda tangan ambang, pasangan kunci privat/publik ini tidak dihasilkan oleh satu entitas. Sebaliknya, itu dihasilkan oleh subset validator “m-out-of-n” di jaringan, sehingga sejumlah validator yang lebih kecil dari “m” (ambang batas, atau kuorum) tidak dapat merekonstruksi kunci pribadi. Demikian pula, tidak ada subset validator yang lebih kecil dari “m” yang dapat menghasilkan tanda tangan menggunakan kunci pribadi. Dalam konteks jaringan MPC kami, ini berarti validator Synapse dapat berkolaborasi untuk menandatangani dan mengotentikasi transaksi tanpa mengorbankan privasi mereka sendiri atau harus mempercayai validator lain yang menyusun kuorum.

Bagaimana validator jaringan dijalankan?
Dalam Fase Hadean mainnet Synapse, validator dipilih berdasarkan tata kelola komunitas dan konsensus. Setiap orang atau proyek yang ingin menjalankan validator dapat menjangkau komunitas Synapse untuk menjadi bagian dari jaringan.

Saat protokol terus berkembang, berkembang, dan mengeras, dan mencapai Fase Archean dan Proterozoikum yang direncanakan dari mainnet, validator di Jaringan Synapse harus memasang SYN untuk menjadi bagian aktif dari jaringan. Sebagai imbalan atas staking SYN ini dan berkontribusi pada keamanan protokol, validator menerima SYN dalam bentuk staking reward dan sebagai alokasi biaya transaksi SYN yang dihasilkan dalam jaringan. Selain itu, mereka juga menerima SYN sebagai potongan harga untuk pengeluaran gas di jaringan Ethereum, yang dapat menjadi komponen mahal dalam menjalankan validator.
Untuk menjaga kejujuran validator, mereka harus memotong saldo SYN yang dipertaruhkan jika mereka terlibat dalam perilaku lalai atau jahat yang membahayakan jaringan.

AMM lintas rantai

Mesin di balik infrastruktur lintas rantai Synapse.
Ketika Jaringan Synapse menerima konfirmasi peristiwa on-chain pada rantai sumber, aset terbungkus yang diperlukan dapat dicetak tanpa izin langsung di jaringan. Namun, pengguna sering ingin menerima aset yang dijembatani asli ke rantai tujuan lain yang terhubung tetapi berbeda dari jaringan Synapse (yaitu, ETH, DAI, dll.). Jika hal ini terjadi, Synapse AMM dipanggil untuk mengeksekusi transaksi yang diperlukan selama proses bridging.

Kumpulan AMM Synapse menggunakan algoritme stableswap untuk menentukan harga transaksi dan mendorong penyeimbangan kembali aset dalam proses swapping dan bridging. Kumpulan ini ditempatkan pada setiap rantai yang terhubung dengan Jaringan Synapse, memungkinkan aliran likuiditas yang cepat dan tidak dapat dipercaya di antara semua rantai tersebut.

Akibatnya, ini menciptakan penetapan harga dinamis lintas rantai untuk semua aset yang didukung oleh Jaringan Synapse berdasarkan permintaan pengguna yang lancar, secara konstan memindahkan modal ke ekosistem yang paling diinginkan. Karena kumpulan dalam satu rantai tujuan menjadi tidak seimbang karena aliran modal satu arah, para arbiter diberi insentif melalui penetapan harga AMM untuk menyeimbangkan kembali kumpulan melalui jalur di dalam dan di luar jalur lainnya, dalam proses memberikan biaya untuk pendapatan protokol.

Apa itu nUSD?
nUSD adalah stablecoin lintas rantai yang sepenuhnya didukung oleh kumpulan likuiditas stablecoin “nexus” di Ethereum yang terdiri dari DAI, USDC, dan USDT.

Ketika stablecoin dijembatani antara rantai yang mendukung Synapse, dana secara otomatis dikonversi ke nUSD, dan dijembatani ke rantai tujuan. Sesampai di sana, nUSD ini dapat ditukar secara otomatis ke stablecoin asli rantai itu menggunakan kumpulan nUSD lokal.

SYN Token

Token tata kelola dan utilitas untuk Synapse.
Mengapa SYN?
Synapse membentuk sistem saraf untuk semua aktivitas antar rantai di seluruh blockchain – lingkungan yang sangat cepat berubah yang dibentuk oleh teknologi dinamis. Token utilitas untuk protokol semacam itu harus sama dinamisnya. Meskipun sekarang sudah lebih dari setahun sejak Synthetix dan Compound merevolusi pembangunan komunitas DeFi dan menetapkan praktik terbaik untuk pertumbuhan protokol melalui program insentif penambangan likuiditas mereka, beberapa protokol terlihat cocok untuk bereksperimen dengan parameter insentif itu secara sistematis. Synapse tidak membuat kesalahan ini.

Sudah ditetapkan dengan baik bahwa protokol membayar lebih untuk likuiditas untuk token asli mereka – dan, kami berpendapat, untuk sebagian besar likuiditas yang terkunci dalam kontrak pintar mereka. Ini memiliki efek merusak, yang mengarah ke modal tentara bayaran, terutama di awal siklus hidup proyek ketika emisi paling cepat. Ini bertentangan dengan tujuan jangka panjang dari program penambangan likuiditas tersebut, yaitu untuk mem-bootstrap komunitas pengadopsi awal yang selaras dengan pertumbuhan protokol yang berkelanjutan.

Kelebihan pembayaran ini sebagian karena likuiditas untuk token semacam itu sering kali diinginkan melebihi kebutuhan sebenarnya untuk itu, tetapi faktor yang jauh lebih besar adalah bahwa protokol tidak a) memungkinkan fleksibilitas mereka sendiri saat menetapkan tingkat insentif atau target likuiditas atau b) mengelola parameter tersebut seaktif mungkin. Token utilitas untuk protokol infrastruktur bukanlah uang ultrasound – mereka adalah perangkat bootstrapping komunitas yang harus mampu mengubah pasokan dan emisi sesuai kebutuhan komunitas tersebut seiring perkembangannya secara alami melalui tahapan pertumbuhan.

Insentif likuiditas

Salah satu fungsi utama SYN adalah memberi insentif kepada penyedia likuiditas untuk mempercayakan dana mereka ke kontrak pintar protokol dan bergabung dengan komunitas dalam memfasilitasi pertumbuhan jangka panjangnya. Untuk tujuan ini, SYN dipancarkan setiap blok ke semua kumpulan Synapse nUSD dan kumpulan stablecoin utama yang dihosting di Ethereum. Tingkat emisi ditetapkan setiap bulan sebagai hasil diskusi antara pengembang protokol inti dan komunitas, dan pemungutan suara tata kelola berikutnya (jika diperlukan).

Pemerintahan
Untuk memungkinkan pengadopsi awal dan investor masa depan untuk memiliki suara (dan saham) dalam pengembangan protokol, SYN juga merupakan token tata kelola Synapse. Dengan demikian, ini digunakan untuk mengumpulkan persetujuan komunitas untuk perubahan tingkat protokol pada kontrak pintar, serta untuk tindakan yang dikeluarkan dari perbendaharaan DAO. Ini termasuk evaluasi ulang bulanan tingkat emisi SYN, dan setiap perubahan pada batas pasokannya.

Biaya protokol
Biaya protokol dibagi antara perbendaharaan DAO dan pembelian kembali SYN. Hal ini memungkinkan perbendaharaan untuk mengakumulasi aset non-SYN, sementara juga menyediakan permintaan yang konsisten untuk mengembangkan harga dasar yang diperlukan agar emisi dan pasokan SYN diubah secara terkendali. Dalam Jaringan Synapse, SYN digunakan untuk membayar semua biaya pada operasi kontrak yang tidak disiarkan ke rantai tujuan.

Ekonomi validator
Penyedia likuiditas bukan satu-satunya pengadopsi protokol integral yang harus diberi insentif untuk menguntungkan protokol – validator menjalankan fungsi paling penting dari semuanya dengan mengamankan jaringan. Setelah protokol mencapai fase Archean dan Proterozoikum, mereka akan diminta untuk mempertaruhkan SYN untuk bertindak sebagai validator, dan sebagai imbalannya, sebagian biaya protokol dikembalikan kepada mereka. Selain itu, untuk membantu validator beroperasi dalam jaringan Synapse, SYN dapat digunakan sebagai subsidi untuk mengkompensasi validator untuk gas yang dikeluarkan di Ethereum.

Migrasi NRV
Sebagai hadiah untuk pendukung jangka panjang saat ini dari apa yang sekarang Synapse, tetapi apa yang sebelumnya Nerve Finance, pemegang NRV dapat memigrasikan token NRV mereka ke SYN dengan kecepatan 1 NRV : 2.5 SYN.

Dana jembatan
Transfer dana tanpa kepercayaan antara rantai yang mendukung Synapse.
Anda dapat menggunakan Synapse untuk mentransfer stablecoin ke dan dari Avalanche, BSC, Ethereum, dan Polygon – dengan lebih banyak rantai yang sedang dikerjakan. Anda juga dapat dengan mulus bertukar antara aset stablecoin di rantai yang berbeda, misalnya dari BUSD di Binance Smartchain ke USDT di Avalanche, atau sebaliknya.

Menggunakan Jembatan
Arahkan ke tab “Jembatan” di aplikasi Synapse

Pilih jaringan tempat Anda ingin mentransfer dana menggunakan menu tarik-turun “Dari” (jika perlu, terima permintaan di dompet Anda untuk beralih jaringan ke rantai itu)

Pilih rantai tujuan dari menu tarik-turun “Kepada”, serta aset yang ingin Anda hubungkan (stablecoin atau SYN saja, untuk saat ini)

Masukkan jumlah yang ingin Anda transfer ke kolom nomor

Pastikan jumlah yang akan Anda terima benar, dan klik “Setujui Token” untuk memberikan persetujuan Synapse untuk membelanjakan stablecoin yang Anda tukarkan

Klik “Bridge Token” setelah persetujuan dikonfirmasi untuk menjembatani dana Anda

Ketika transaksi Anda berhasil, transaksi pada rantai sumber serta transaksi berpasangan yang dihasilkan pada rantai tujuan akan dilacak di Bridge Watcher di bawah antarmuka. Anda dapat menggunakan alamat hyperlink untuk setiap transaksi untuk melacaknya menggunakan penjelajah blok rantai yang diperlukan. Dana bridging akan memakan waktu sekitar 2-3 menit setelah transaksi dimasukkan ke dalam blok di rantai sumber.

Menyediakan likuiditas
Dapatkan biaya swap dan bridge dengan memfasilitasi infrastruktur layer ️DeFi.
Likuiditas, dalam banyak hal, adalah akhir dari segalanya, segalanya untuk perdagangan. Tanpa likuiditas, nilai tidak dapat direalisasikan atau ditukar, melumpuhkan pasar dan pengguna. Dalam DeFi, pecahnya likuiditas dengan munculnya solusi L1, sidechains, dan L2 alternatif menimbulkan tantangan yang tampaknya sulit diatasi dengan konsekuensi negatif untuk selip, pengalaman pengguna, dan stabilitas pasar. Dengan menyediakan likuiditas dalam kumpulan nexus stablecoin Synapse di Ethereum atau berbagai kumpulan nUSD di seluruh dunia DeFi, Anda dapat memperoleh hasil sambil memberikan solusi untuk masalah ini.

Menambahkan likuiditas
Arahkan ke tab “Kolam” di aplikasi Synapse

Pastikan Anda berada di rantai tempat Anda ingin menyimpan aset – jika aset Anda tidak berada di rantai yang benar, gunakan Jembatan Sinaps untuk memindahkannya

Masukkan jumlah masing-masing aset stablecoin yang ingin Anda berikan sebagai likuiditas di bidang nomor masing-masing

Klik “Setujui Token” untuk memberikan persetujuan Synapse untuk mengelola aset yang Anda simpan

Klik “Deposit” setelah persetujuan yang diperlukan telah dikonfirmasi untuk menyediakan likuiditas
Anda belum selesai – Anda masih perlu mempertaruhkan token LP Anda untuk mendapatkan hasil.

Catatan: ada bonus atau biaya penalti yang dinilai untuk menyediakan stablecoin yang kurang atau lebih disediakan di kumpulan. Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak akan memiliki dampak harga dengan menyediakan semua aset di kumpulan dalam proporsi yang sama, atau memastikan bahwa Anda akan mendapatkan bonus positif terbesar dengan menyetorkan aset yang paling sedikit disediakan.

Mempertaruhkan token LP
Setelah Anda menyediakan likuiditas, navigasikan ke tab “Stake” di aplikasi Synapse
Masukkan jumlah token LP yang ingin Anda pertaruhkan, atau klik teks “Maks” di atas bidang nomor untuk mempertaruhkan semua token yang Anda miliki
Klik “Setujui Token” untuk memberikan persetujuan Synapse untuk mengelola token LP Anda
Klik “Stake” setelah persetujuan dikonfirmasi untuk mempertaruhkan token Anda dan mulai mendapatkan hasil

Tukar token
Tukar aset yang dipatok dengan slippage tanpa gesekan.
Sementara fokus Synapse adalah pada transaksi lintas rantai, pada intinya, telah ada dan terus menjadi AMM yang memungkinkan swap selip rendah antara aset yang dipatok pada rantai apa pun. Kapan saja, pengguna dapat menggunakan Synapse untuk bertukar antara stablecoin asli dengan harga terbaik di semua rantai yang mendukung Synapse.

Tukar aset

  • Arahkan ke tab “Tukar” di aplikasi Synapse
  • Pastikan Anda berada di rantai tempat Anda ingin menukar aset di dompet Anda
  • Pilih aset yang ingin Anda tukarkan menggunakan menu tarik-turun “Dari”
  • Pilih aset yang ingin Anda tukar menggunakan menu tarik-turun “Kepada”
  • Masukkan jumlah yang ingin Anda transfer di kolom nomor
  • Pastikan jumlah yang akan Anda terima benar, dan klik “Setujui Token” untuk memberikan persetujuan Synapse untuk membelanjakan stablecoin yang Anda tukarkan
  • Klik “Swap” setelah persetujuan telah dikonfirmasi untuk memulai transaksi

Anda juga dapat menggunakan Synapse untuk menukar aset yang dipatok secara default jika Anda menggunakan agregator DEX seperti Matcha atau 1inch; karena protokol menawarkan harga terbaik pada swap ini, perdagangan Anda akan dialihkan melaluinya.

Max Total Supply: 54,330,087.36594684098454233 SYN

Jika Anda ingin tahu tempat membeli Synapse, bursa teratas untuk berdagang di Synapse saat ini adalah SushiSwap dan 1Inch Exchange

Gravatar Image
Trader, Investor, Writer